HYPERTEXT MARKUP Language

HTLM adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut Hypertext Karena didalam HTML sebuah textile biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi Link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya hanya dengan mengklik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan Hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak ada text yang dapat dijadikan Link.


Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (Mark), untuk menandai bagian-bagian dari text, misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan jika berada diantara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini dikenal sebagai HTML tag.



HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML tampilan web terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemrograman web yang ditunjukkan untuk memanipulasi HTML seperti JavaScript dan PHP. Akan tetapi sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan paling awal.


HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming Language), tetapi bahasa Markup (Mark Language), hal ini terdengar sangat aneh, tetapi jika anda telah mengenal bahasa pemrograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain HTML dikenal Juga xHTML yang merupakan singkatan dari EXTENSIBLE HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE. xHTML merupakan versi lama dari HTML (sebelum era HTML5 seperti saat ini). xHTML menggunakan aturan penulisan yang lebih ketat. Jika anda menemukan artikel yang membahas xHTML, bisa disamakan dengan HTML, karena perbedaanya tidak terlalu banyak.

Versi terbaru HTML:HTML5


Saat ini versi terbaru dari HTML adalah HTML5. HTML5 berisi beberapa  fitur baru, tapi tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya, yakni HTML4 dan xHTML.


Mengenal Fungsi Browser


Web browser (atau biasa disebut browser) adalah sebuah software aplikasi untuk menerima, menampilkan, dan menerjemahkan informasi dari World Wide Web (Wikipedia). Dan salah satu informasi itu dibuat dalam format HTML.



Kode HTML yang kita buat akan diterjemahkan oleh web browser agar tampil seperti yang dirancang pada dasarnya seluruh web browser dapat menampilkan kode HTML sama baiknya, namun jika sudah berbicara mengenai desain halaman, tiap-tiap browser memiliki beberapa perbedaan.


HTML dirancang dan diatur oleh sebuah badan standardisasi dunia yang khusus menangani web, yaitu w3c (world wide web consortium). Hal ini dikarenakan tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML . Secara berbeda-beda, sehingga diperlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser.

Namun pada penerapannya, standar ini merupakan rekomendasi. Beberapa web browser membuat aturannya sendiri.

Salah satu yang terkenal adalah Internet Explorer pada sekitar tahun 2000-an. Hampir 90% web browser yang digunakan saat itu adalah Internet Explorer, dan IE tidak sepenuhnya mengikuti rekomendasi W3C. Sedangkan web browser Opera yang mencoba menerapkan standar W3C tidak terlalu populer. Perbedaan aturan penerjemahan HTML di antara web browser inilah yang terus menjadi tantangan bagi programmer web.

Sekarang Internet Explorer tidak lagi sekuat dulu. Web Mozilla Firefox dan Google Chrome telah menguasai lebih 50%, dan IE juga telah berusaha menerapkan standar W3C, termasuk web browser terbaru mereka: Microsoft Edge.

Penggunaan web browser terbanyak


Berdasarkan situs w3counter.com yang diakses per September 2017, Google Chrome digunakan oleh sekitar 56% pengguna internet yang kemudian diikuti oleh web browser safari dan Firefox masing-masing 14% dan 9% artinya, google Chrome sangat dominan dipakai sebagai web browser.


Hal ini disebabkan tresno smartphone yang jika menggunakan OS Android, sudah langsung terinstal web browser Google Chrome. Juga menggunakan iPhone, sudah langsung terinstal web browser safari.

Fungsi web browser


Untuk mempelajari HTML, web browser adalah perangkat utama yang kita butuhkan. Ibarat bahasa pemrograman lainnya. Web browser adalah compiler dan intrepreter HTML anda bebas menggunakan web browser yang anda sukai.


Selain web browser, aplikasi lain yang kita butuhkan untuk mempelajari HTML adalah sebuah text editor.